Mengenal System Converged & Hyper Converged Infrastructure

artikel1

Apakah Converged dan Hyper-converged merupakan solusi terbaik untuk mengelola compute, storage, dan network dalam sebuah perangkat?

Hewlett Packard Enterprise menjawab:

Converged & Hyper-converged merupakan solusi compute, storage, dan network dalam 1 form factor (ukuran tertentu) dan memiliki 1 (satu) management tool yang bisa memonitor dan mengatur semua komputasi dalam 1 form factor tersebut atau dalam satu cluster tertentu, serta memiliki software tambahan lainnya yang memudahkan proses operasi suatu layanan TI.

Hal ini memudahkan bagi tim TI dalam siklus proses TI mulai dari pembuatan, operasional, hingga penghapusan kebutuhan layanan komputasi tersebut. Solusi ini juga sangat membantu perusahaan yang memiliki kebutuhan TI di cabang atau lokasi terpencil.

Josua Asxtrad bertanya:

Apa saja kelemahan dari solusi converged dan hyper-converged dan bagaimana cara menanganinya?

Hewlett Packard Enterprise menjawab:

Penentuan penggunaan solusi Converged dan Hyper-converged kadang menjadi pertimbangan yang cukup panjang, terkait dengan risiko migrasi dan kesiapan adanya transformasi proses dan kebijakan operasional TI yang terkait. Hal ini dapat diminimalkan dengan pemilihan solusi Converged atau Hyper-converged yang diperuntukkan sistem/aplikasi baru atau dengan dibuatkannya workshop bersama dengan penyedia solusi agar risikonya bisa diketahui lebih awal dan terukur.

Jiko Damario bertanya:

Saya belum begitu paham, apa fungsi Converged dan Hyper Converged System? Apa saja kelebihannya? Dan bagaimana cara merawatnya?

Hewlett Packard Enterprise menjawab:

Fungsinya untuk meminimalkan risiko pengadaan, operasional TI karena Converged dan Hyper-Converged adalah solusi compute, storage, dan network dalam 1 form factor (ukuran tertentu) dan memiliki 1 (satu) management tool yang bisa memonitor dan mengatur semua komputasi dalam 1 form factor tersebut atau dalam satu cluster tertentu, serta memiliki software tambahan lainnya yang memudahkan proses operasi suatu layanan TI.

Sehingga kelebihannya selain feature yang ada adalah pengoperasiannya yang bisa dilakukan oleh teknikal TI yang lebih sedikit dan hanya memerlukan keahlian TI yang umum. Dengan adanya 1 (satu) management tool, maka semua proses monitoring dan pemeliharaan bisa dilihat dan dilakukan pada satu panel management saja.

Ridwan bertanya:

Bagaimana agar perusahaan bisa berkelanjutan (continuous) dalam menjalankan dan mengelola infrastruktur di cloud?

Hewlett Packard Enterprise menjawab:

Dengan adanya kebijakan dan pelaksanaan kebijakan TI yang jelas dan terukur, maka setiap bagian akan melakukan aktivitas dan prosesnya secara sinergi dan mengacu pada tujuan perusahaan dan operasional TI yang sudah ditentukan. Adanya program TI yang berkelanjutan serta sistem apresiasi bagi karyawan akan menambah efektif dan efisien kelangsungan operasional cloud yang ada.

Tags